Definisi secara lebih komperehensif tentang Project Based Learning (PjBL) menurut The George Lucas Educational Foundation (2005) adalah sebagai berikut :  Project-based learning is curriculum fueled and standards based. Project Based Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menghendaki adanya standar isi dalam kurikulumnya. Melalui Project Based Learning, proses inquiry dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik dalam sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pada saat pertanyaan terjawab, secara langsung peserta didik dapat melihat berbagai elemen mayor sekaligus berbagai prinsip dalam sebuah displin yang sedang dikajinya. 

        Lalu apakah Project Based Learning bisa mengintregasikan Teknologi di dalamnya? jawabannya adalah tentulah bisa. Dalam proses Project Based Learning banyak sekali platform teknologi yang bisa dikolaborasikan salah satunya yang sudah diterapkan penulis adalah kita bisa menggunakan CANVA sebagai bahan presentasi, youtube sebagai bahan motivasi ataupun Google workspace eduacation untuk menyusun laporan akhir.

        Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (Project IPAS) dikemas dalam bentuk projek (project-based learning) yang mengintegrasikan beberapa elemen konten/materi. Tiap projek dilaksanakan untuk mencapai elemen kompetensi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial yang terdiri dari tiga elemen dan dikontekskan dengan karakteristik masing- masing bidang keahlian. Nah untuk itu, kita bisa memasukkan platform teknologi saat mengajarkan aspek pada project IPAS.

        Berikut adalah contoh vidio pembelajaran penerapan platform teknologi dalam pembelajaran yang berada dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/359597


Nah sahabat TEROPONG khususnya pengajar mata pelajaran Project IPAS sudah punya gambaran kan bagaimana menggabungkan PjBL dan platform teknologi.

Tetap semangat dan salam teknologi

#pusdatinkemendikbudristek
#blptkemendikbudristek
#merdekabelajar
#pembatik2023
#sahabatteknologikemendikbudristek
#platformmerdekamengajar